Kumpulan Resep Masakan Halal dan Thoyyib

Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik (thoyyib) yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu.
(QS 2:168)

Menjadi perantau di negara-negara barat termasuk Inggris, memberikan tantangan tersendiri bagi warga Indonesia. Salah satunya dalam urusan makanan. Bagaimana tidak, masyarakat Indonesia terbiasa mengonsumsi nasi sebagai makanan pokok yang dilengkapi dengan lauk pauk berbumbu khas dan beraneka ragam. Sangat berbeda dengan masyarakat Eropa yang memenuhi kebutuhan energi hariannya dari olahan gandum dan susu, yang terkadang kurang cocok dengan lidah dan perut orang Indonesia.

Belum lagi tentang status halal pada produk makanan. Untuk mendapatkan makanan halal di Eropa tentunya tidak semudah di Indonesia yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam. Meskipun sekarang tidak sedikit ditemukan restoran halal dan toko-toko yang menyediakan produk olahan makanan yang halal di hampir semua kota besar di Inggris Raya. Namun, untuk memenuhi kebutuhan makan sehari-hari tentunya akan lebih hemat jika dapat memasak sendiri dibandingkan makan di restoran, Selain itu, kita bisa mendapatkan cita rasa yang sesuai dengan “lidah Indonesia” jika kita mengolah sendiri hidangan harian kita. Dan yang tak kalah penting, kita bisa memastikan bahan-bahan yang digunakan adalah bahan makanan yang halal dan higienis, sehingga kita dapat menikmati makanan yang halal dan thoyyib.

Untuk itu, departemen Kemuslimahan KIBAR UK berinisiatif mengumpulkan resep masakan dari warga Indonesia di Inggis Raya yang telah diujicobakan sendiri oleh para penulisnya. Bahan-bahan yang digunakan di setiap resep dapat ditemukan di toko-toko lokal maupun di toko bahan makanan Asia yang tersebar di Inggris. Sebagian besar resep sangat simple dan cepat dibuat, sehingga sangat cocok untuk para mahasiswa yang tidak memiliki banyak waktu di dapur maupun kaum ibu yang tidak terbiasa memasak namun tetap ingin menghadirkan masakan Indonesia untuk keluarga.

Semoga bukel (ebook) kumpulan resep yang bisa diunduh dibawah dapat bermanfaat bagi para perantau Indonesia di Inggris Raya atau dimanapun berada.

Happy cooking!

1 Comment

  1. Pingback: Indonesian Recipes e-book – Roelworks

Comments are closed.