Kibar Talk Ramadan

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sahabat KIBAR yang dirahmati Allah. Berikut kami sampaikan penjelasan mengenai program KIBAR Talk Ramadan.

Apa itu KIBAR Talk Ramadan?

KIBAR Talk Ramadan adalah program kajian islam/tausiyah singkat menjelang berbuka puasa yang akan dilaksanakan selama bulan Ramadan. Materi kajian diambil dari rekaman (video dan audio) pengajian yang diselenggarakan oleh berbagai lokaliti KIBAR maupun kontributor perseorangan. Proses rekaman dilakukan oleh masing-masing lokaliti atau kontributor, selanjutnya rekaman dikirimkan ke pengurus KIBAR. Dari video yang masuk, selanjutnya akan diupload pada channel Youtube KIBAR. Khusus selama bulan Ramadan, rekaman tersebut akan diputar melalui Radio Online KIBAR dalam program KIBAR Talk Ramadan menjelang waktu berbuka puasa (waktu Inggris). Adapun ketentuan dalam perekaman video adalah sebagai berikut:

  • Alat rekam dan teknis rekaman
  1. Untuk melakukan rekaman video pada dasarnya alat rekam tidak dibatasi, sejauh gambar dan kualitas video yang dihasilkan cukup jelas dan dapat diterima. Hal ini mengingat perangkat yang dimiliki oleh setiap lokaliti atau contributor berbeda. Namun, apabila ada sangat disarankan merekam menggunakan alat rekam sebagai berikut: Kamera DSLR, Kamera Digital, GoPro, atau Smartphone dan Tablet terbaru yang memiliki resolusi gambar yang baik.
  2. Sebelum merekam sebaiknya melakukan test dulu untuk mengetahui hasil rekaman. Harap dicek dan dipastikan pula ketahanan battery dan kapasitas memori alat perekam. Hal ini untuk mencegah rekaman gagal atau putus di tengah.
  3. Selama proses merekam sebaiknya menggunakan alat penyangga statis seperti tripod agar kualitas video dapat terjaga, gambar tidak goyang (terlalu banyak bergerak).
  4. Durasi minimal rekaman adalah 15 menit, durasi maksimal adalah 60 menit.
  • File hasil rekaman dan mekanisme transfer file
  1. File hasil rekaman harus dalam format video yang umum digunakan (mp4,3gp, avi, flv, mpg, mpeg). Disarankan menggunakan format mp4. Apabila format hasil rekaman tidak dalam jenis file video yang disebutkan sebelumnya maka file harus diconvert terlebih dulu.
  2. Untuk transfer file dikarenakan file berukuran besar disarankan file di upload ke file hosting yang dapat menyimpan file ukuran besar seperti mediafire, dropbox, dll. Alternatif lain dapat di upload ke google drive public KIBAR > kibar.video@gmail.com (password menyusul).
  3. Sebagai hasil akhir cukup mengirimkan link untuk mendownwnload video dan berita acara sebagai berikut.

– Judul materi:
– nama pemateri:
– waktu dan tempat penyampaian materi:
– link download video:
– uraian singkat tentang materi yang disampaikan (maksimal 500 kata):

  1. Berita acara dan link download diinformasikan ke email: kibar.pengurus@gmail.com

Jika ada pertanyaan lebih lanjut dapat ditanyakan melalui email kibar.pengurus@gmail.com atau grup WhatsApp lokaliti KIBAR.

Demikian informasi ini disampaikan. Jazakumullah khairan katsiran.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.