London Central Mosque

Kontributor: Muhammad Rezqi Hr

Insya Allah dimulai dengan tulisan pertama ini, saya dan (terkhusus) istri berusaha menuliskan pengalaman kami mengunjungi masjid-masjid pada berbagai kota di dunia. Maksud kami dengan tulisan ini, semoga bisa memberi manfaat bagi muslimin yang ingin bersafar ke kota-kota yang juga pernah kami kunjungi. Informasi mengenai masjid yang menyediakan halal food, tempat ngecas HP, sister prayer room, dll bagi seorang muslim traveller sangatlah penting. Atau manfaat lainnya juga barangkali bisa menginspirasi para pembaca yang terlibat dalam kepengurusan masjid di kotanya masing-masing untuk meniru hal-hal menarik yang ada di masjid-masjid yang telah kami kunjungi. Tulisan kali ini akan kami mulai dengan London Central Mosque.

SEJARAH SINGKAT

London Central Mosque secara resmi dibuka oleh King George VI pada tahun 1944. Masjid ini dibangun atas dukungan pemerintah Inggris, para dubes negara-negara muslim di Inggris, dan kaum muslimin secara umum yang ada di Inggris.

LOKASI DAN AKSES

Terletak di Kota London, alamat London Central Mosque (LCM) adalah 146 Park Road, NW8 7RG. Jika anda mendatangi London menggunakan bus dan turun di Victoria Coach Station, anda bisa menggunakan coach (bus) dengan nomor 82 untuk menuju LCM. Atau jika anda ingin menggunakan sepeda yang disewakan oleh Santander, anda bisa memarkirkan sepeda di beberapa parkiran sepeda di sekitar Baker Street (sepeda sewaan ada parkiran khususnya), lalu berjalan kaki menuju LCM. Jika menggunakan tube (kereta bawah tanah), menurut pengalaman kami stasiun yang terdekat adalah stasiun Baker Street.

FASILITAS

LCM tergolong masjid yang cukup besar dengan fasilitas dan pelayanan yang cukup lengkap. Masjid ini bisa menampung sekitar 5000 jamaah dan juga menyediakan ruang solat yang cukup luas bagi sisters. Jika anda kebingungan untuk mencari halal food ketika berkunjung ke London, silakan menuju ke basement masjid ini karena di sana terdapat restaurant halal yang menjual berbagai jenis makanan dengan harga yang relatif murah. Di restaurant ini anda juga bisa nge-charge baterai HP. Juga terdapat toko di luar ruang solat utama yang menjual kitab-kitab, buku-buku Islam dengan berbagai bahasa, dan berbagai kebutuhan muslim lainnya.
Layanan lainnya dari LCM adalah: (1) permohonan fatwa setiap hari pada jam kerja, (2) urusan pernikahan dan perceraian, (3) Islamic school, dan (4) perpustakaan.

INFO LEBIH LANJUT

Info lebih lanjut mengenai LCM silakan mengunjungi laman resmi berikut:http://www.iccuk.org/

Muhammad Rezki Hr & Dien Astuti Rahmawati
Newcastle upon Tyne, 07:44 GMT, 04 March 2016.

Keterangan:

Kami tidaklah mengadakan safar khusus dalam rangka mengunjungi masjid-masjid yang kami ceritakan.

Rasulullah bersabda, “Tidak boleh mengadakan perjalanan kecuali ke tiga masjid; Masjidil Haram, masjidku (Masjid Nabawi) ini, dan Masjidil Aqsa.” (Muttafaqun ‘alaih).

Posted in Safar-i and tagged , , .

Leave a Reply