Edinburgh Central Mosque (ECM)

Kontributor: Muhammad Rezqi Hr

SEJARAH SINGKAT

Nama resmi dari Edinburgh Central Mosque (ECM) adalah Mosque of The Custodian of The Two Holy Mosques and Islamic Centre of Edinburgh. Sembilan puluh persen dana pembangunan masjid ini berasal dari bantuan Raja Fahd bin Abdul Aziz Al Saud. Masjid ini secara resmi dibuka oleh putra Raja Fahd, Abdul Aziz bin Fahd Al Saud, pada tanggal 31 Juli 1998.

LOKASI DAN AKSES

Edinburgh Central Mosque terletak di 50 Potterrow, Edinburgh, EH8 9BT, yang berdekatan dengan University of Edinburgh, National Museum of Scotland, dan beberapa objek wisata lainnya. Jika ingin mengakses ECM menggunakan bus, terdapat beberapa jalur bus yang bisa digunakan yang berhenti di sekitar ECM.

FASILITAS DAN AKTIVITAS

Gaya arsitektural bangunan ECM terlihat berpadu dengan kota Edinburgh. Masjid ini memiliki kubah dan menara yang cukup besar. Selain menyediakan ruang solat untuk brothers and sisters, ECM juga memiliki fasilitas perpustakaan dan aula serba guna. Juga terdapat café dan “mosque kitchen” pada bangunan yang terpisah dari bangunan utama yang menyediakan berbagai menu makanan halal. Selain itu, di sekitar masjid juga terdapat supermarket dan food store halal. Masjid ini mampu menampung hingga 1300 jamaah.

Setiap hari ECM memiliki banyak aktivitas dari pagi hingga malam hari yang bisa dilihat di papan pengumuman atau diakses di halaman berikut:http://www.edmosque.org/events/

INFO LEBIH LANJUT

Info lebih lanjut mengenai Edinburgh Central Mosque silakan mengunjungi laman resmi berikut: http://www.edmosque.org/ dan Facebook page:https://www.facebook.com/EdinburghCentralMosqueHomepage/

Muhammad Rezki Hr & Dien Astuti Rahmawati

Newcastle upon Tyne, 10:17 GMT, 24 March 2016.

Keterangan:
1. Foto diambil pada 19 Maret 2016.
2. Baca juga tulisan kami sebelumnya mengenai London Central Mosque (https://goo.gl/hFwVkR) dan Didsbury Mosque Manchester (https://goo.gl/wE56xp).
3. Kami tidaklah mengadakan safar khusus dalam rangka mengunjungi masjid-masjid yang telah kami ceritakan. Rasulullah bersabda, “Tidak boleh mengadakan perjalanan kecuali ke tiga masjid; Masjidil Haram, masjidku (Masjid Nabawi) ini, dan Masjidil Aqsa.” (Muttafaqun ‘alaih).

Loading map...

Loading

Leave a Reply