Ashton Central Mosque

Kontributor: Muhammad Rezki Hr

Tidak lama setelah pembangunannya selesai di tahun 2011, Ashton Central Mosque mendapatkan penghargaan Building of the Year 2011 dari Ashton Civic Society. Masjid baru ini didirikan sebagai pengganti bangunan masjid yang lama yang dirobohkan karena adanya pembangunan jalan (Ashton Northern Bypass). Karenanya, selain bersumber dari donasi kaum muslimin, dana pembangunan masjid ini juga bersumber dari kompensasi dari Tameside council atas perobohan masjid yang lama (sumber:http://goo.gl/f6JJYX).

LOKASI DAN AKSES

Ashton Central Mosque terletak di pinggiran Greater Manchester, tepatnya di Hillgate Street, Ashton-under-Lyne, Lancashire, OL6 9JA. Ada dua pilihan kendaraan umum jika ingin mengakses lokasinya, bus atau tram/metro. Jika ingin menggunakan bus dari tengah kota Manchester (Piccadilly Gardens), dapat menggunakan bus dengan nomor 216 atau 219 dan turun di pemberhentian terakhir (Ashton Bus Station) lalu dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 10 menit. Atau jika menggunakan tram/metro, bisa menggunakan Line G dengan tujuan Ashton under Lyne dan juga dilanjutkan dengan berjalan kaki sekitar 10 menit.

FASILITAS

Ashton Central Mosque tergolong masjid yang cukup megah yang mampu menampung hingga 1200 jamaah. Secara umum bangunan masjid terdiri atas empat bagian: atrium, community centre, men facilities, dan women facilities. Community centre merupakan bangunan serba guna yang dilengkapi dengan proyektor, fasilitas panggung, kursi, meja, dan dapur. Bangunan ini juga bangunan serba guna yang bisa digunakan untuk berbagai even keagamaan dan sosial, seperti pengajian, badminton, dan tenis meja. Adapun men dan women facilities, selain terdiri atas ruang solat utama, juga dilengkapi dengan disabled toilet, dapur, ruang rapat, dan ruang kelas yang dilengkapi dengan berbagai perlengkapan untuk mendukung kegiatan belajar-mengajar.

AKTIVITAS DAN INFO LEBIH LANJUT

Tentang aktivitas dan info lebih lanjut mengenai Ashton Central Mosque silakan mengunjungi halaman resmi berikuthttp://ashtoncentralmosque.com/

Muhammad Rezki Hr & Dien Astuti Rahmawati

Newcastle upon Tyne, 12:33 BST, 09 April 2016.

Keterangan:
1. Foto diambil pada tanggal 2 & 3 April 2016.
2. Baca juga tulisan kami sebelumnya mengenai London Central Mosque (https://goo.gl/hFwVkR), Didsbury Mosque Manchester (https://goo.gl/wE56xp), dan Edinburgh Central Mosque (https://goo.gl/qY4V3U).
3. Kami tidaklah mengadakan safar khusus dalam rangka mengunjungi masjid-masjid yang telah kami ceritakan. Rasulullah bersabda, “Tidak boleh mengadakan perjalanan kecuali ke tiga masjid; Masjidil Haram, masjidku (Masjid Nabawi) ini, dan Masjidil Aqsa.” (Muttafaqun ‘alaih).

Loading map...

Loading

Leave a Reply