Panduan Praktis Berangkat Umroh dari Inggris (bagian 1)

Hajj

Persiapan

Ibadah umroh adalah salah satu amalan ibadah yang dianjurkan apabila kita memiliki kemampuan untuk melaksanakannya. Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman ‘Dan sempurnakanlah ibadah haji dan umroh karena Allah SWT’ (surat Al Baqarah: 196). Adalah suatu peluang yang sangat berharga ketika kita berdomisili di Inggris untuk melaksanakan umroh, diantaranya: kesempatan untuk dapat berangkat setiap saat tanpa menunggu kuota/ antrian umroh serta kesempatan terjangkaunya biaya untuk melaksanakan umroh.

 

Panduan praktis berangkat umroh dari Inggris ini ditulis berdasarkan pengalaman pribadi melaksanakan umroh dari Inggris pada tanggal 24-31 Mei 2013. Perlu diketahui bahwa ketika kita menunaikan umroh dari Inggris, maka umroh kita adalah ‘umroh mandiri’, artinya kita melakukan semua rangkaian proses umroh secara mandiri dan tidak berkelompok (seperti kebiasaaan umumnya yang dilakukan di Indonesia). Adapun panduan lengkap manasik umroh akan disampaikan di bagain bawah dikutip dari makalah yang ditulis oleh Ustadz Abdullah Sholeh Hadrami – http://www.kajianislam.net/2007/04/manasik-umrah-lengkap/).

 

Nasihat umum selama umroh:

  1. Mohon selalu diingat bahwa tujuan utama umroh adalah semata-mata ibadah untuk menggapai ridha Allah SWT. Ikhlaskan niat dan Insyaallah semoga Allah SWT memudahkan semua proses ibadah umroh kita.

  2. Selama umroh, jagalah selalu perilaku yang mencerminkan akhlak islam serta jangan melakukan perbuatan yang tidak disyariatkan agama islam.

  3. Selama berada di Arab Saudi, optimalkan waktu untuk beribadah kepada Allah SWT (sholat fardhu tepat waktu di masjid, sholat sunnah, membaca al-qur’an, i’tikaf, berdoa, dll) serta hindari segala perbuatan yang tidak bermanfaat.

  4. Perbanyak minum air zam-zam selama menunaikan ibadah umroh.

  5. Jika umroh bersama keluarga, pastikan meeting point (lokasi bertemu) untuk menghindari kehilangan kontak ‘getting lost’.

  6. Jangan dipaksakan untuk mencium Hajar Aswad. Insyaallah jika Allah SWT meridhoi, semua harapan dan doa kita akan dikabulkan selama umroh.

 

Kiat memilih travel umroh

Hal utama yang perlu diperhatikan sebelum kita melaksanakan umroh adalah memilih travel yang tepat untuk umroh. Pertimbangan utama pemilihan travel untuk umroh adalah biaya serta fasilitas apa yang didapatkan dari pihak travel kepada calon peserta umroh. Beberapa travel umroh bisanya memberikan special diskon di musim-musim tertentu atau diskon jika kita berangkan secara berkelompok (group lebih dari 1 orang, semakin banyak orang, biaya umroh semakin murah). Adapun mahal tidaknya biaya umroh*) ditentukan oleh beberapa faktor, yaitu:

  1. Biaya tiket pesawat/ flight (dari London ke Jeddah PP). Adapun standart penerbangan yang digunakan adalah direct flight dari London ke Jeddah (PP) tanpa ada transit (beberapa travel ada yang transit 1 kali/ tidak direct flight).

  2. Biaya sewa hotel. Jenis hotel tempat kita menginap di Mekah, Medinah, dan Jeddah (apakah hotel bintang 3, bintang 4 atau bintang 5) serta lamanya waktu menginap. Perlu ditanyakan juga, apakah biaya hotel tersebut sudah termasuk paket makan pagi/ breakfast atau tidak (keterangan tentang hotel akan dijelaskan di bab catatan tambahan).

  3. Biaya transport lokal (transport dari Jeddah ke Mekah; Mekah ke Medinah; serta Medinah ke Jeddah) (keterangan tentang transport local akan dijelaskan di bab catatan tambahan).

  4. Biaya pengurusan visa umroh dan coaching umroh (pelatihan umroh 1 kali) sebelum jadwal keberangkatan umroh.

  5. Lamanya hari (waktu) selama umroh. Semakin lama waktu umroh, biaya akan semakin mahal.

 

Adapun beberapa nama travel umroh yang ada di Inggris antara lain:

  1. http://www.al-hidaayah.travel/

  2. http://www.alhajj.co.uk/2-and-3-weeks-economy-hajj-package.php

  3. http://www.zamzamtravels.org.uk/4-star-hajj-package-2013-two-weeks-shifting-group-1-united-kingdom

  4. http://www.sadaemadina.net/Hajj.html

  5. http://www.manchesterhajj.co.uk/umrapackage.html

  6. http://www.dometours.com/

  7. http://www.radiantdrops.com/hajj-packages/deluxe-hajj/

  8. http://www.islamfreedom.com/low_cost_hajj_packages.html

  9. dll.

*) Biaya umroh selama 9 hari  dari Inggris berkisar antara £750 s/d £1300 (tergantung faktor-faktor yang telah disebutkan diatas serta jadwal pelaksanaan umroh dimana jika umroh dilaksanakan di bulan ramadhan biayanya akan relative lebih mahal).

Bersambung

 

Di kumpulkan oleh: Mochammad A. Junaidi – Jamaah KIBAR – UK mukim di Southampton

Posted in Artikel, Ulasan/Rekomendasi and tagged , , , .

Leave a Reply