[Profil Lokaliti] Pengajian Aberdeen

Pengajian Aberdeen tergolong pengajian muda karena terbentuk pada bulan Desember 2006  melingkupi wilayah Aberdeen, Aberdeenshire dan sekitarnya.

Pengajian mengakomodasi penduduk majemuk Indonesia di Aberdeen yang kebanyakan adalah keluarga-keluarga pekerja yang berhubungan dengan minyak (dikarenakan penemuan cadangan minyak di Laut Utara pada awal abad 20  yang menjadikan Aberdeen pusat industri minyak Eropa). Selain pekerja sektor perminyakan banyak juga mahasiswa dan pekerja pendatang lainnya.

Pengajian Aberdeen jumlah jamaahnya tidak menetap dan sering berganti., tapi alhamdulillahnya inilah yang membuat pengajian kita tampak fresh dan selalu membawa inovasi dikarenakan para warga baru membawa ide-ide dan saran-saran yang bagus untuk kemajuan pengajian.

Di  kota kecil Aberdeen (populasi 220,440 orang estimasi 2011) ini terdapat beberapa forum pengajian. Pengajian bapak-bapak diadakan rutin sekali dua minggu di masjid dalam format halaqah. Ketika musim dingin pengajian Bapak-Bapak diadakan setelah shalat subuh, sedang ketika musim panas diadakan setelah/sebelum shalat ashar berjamaah. Pengajian ibu ibu Indonesia Aberdeen yang bernama Majelis Taklim As Sakinah juga bertemu setiap 2 minggu sekali. Pengajian diadakan di rumah salah satu anggota pengajian. Sejak akhir tahun 2011, pada saat pengajian Ibu-Ibu diadakan, secara paralel diadakan pengajian anak anak yang dipandu oleh bapak-bapak di rumah yang terdekat dengan tempat penyelenggaraan pengajian Ibu-Ibu. Pembinaan anak-anak diisi dengan beragam aktivitas antara lain sharing pengalaman, game, ceramah plus kuis, belajar mengaji, menonton film Islami, belajar nasyid dan lain-lain.

Setiap satu atau dua bulan, terdapat pengajian keluarga besar yang dihadiri oleh semua warga Muslim Indonesia di Aberdeen. Khusus di bulan Ramadhan pengajian keluarga besar Aberdeen berkumpul setiap seminggu sekali dengan didahului kegiatan pembinaan bagi anak-anak dan remaja.

Kami juga berkerja sama dengan masjid lokal Aberdeen dalam hal penyaluran dana untuk pihak-pihak yang memerlukan seperti halnya korban kekeringan tahun lalu di Kenya dan untuk pengungsi Rohingya asal Myanmar. Sambil bersilaturahmi, kami juga mengundang pengelola charity untuk presentasi di forum pengajian keluarga besar Muslim Indonesia di Aberdeen.

Dalam beberapa tahun terakhir, terdapat perkembangan yang signifikan pada pengajian AsSakinah. Dengan bermotto untuk kami dan dari kami, semua jamaah merasa memiliki wadah yang menjadi pengayom silaturahmi di antara keluarga keluarga Indonesia muslim di Aberdeen. Di setiap pertemuan berisikan belajar mengaji bersama, membahas tema islami. Dengan terorganisirnya AsSakinah kami memiliki Seksi Dakwah yang di ketuai oleh Uni Dolly dan mbak Indah yang setiap pertemuan mengajukan tema dakwah yang terarah dan berkelanjutan.

Dan tak jarang kami pun menggunakan teknologi Skype untuk berkomunikasi dengan ustadzah dan ustadz baik di Indonesia ataupun di UK sendiri, bahkan untuk mendatangkan ustadzah itu ketempat kami. Seperti beberapa waktu lalu kami kedatangan ustadzah Maimun yang menindaklanjuti tema kami melalui Skype. Dan teknologi ini sangat bermanfaat seperti halnya pada saat bulan Ramadhan kami gunakan untuk Tadarus dan welcome buat seluruh jamaah di Aberdeen atau di luar Aberdeen untuk bergabung.

Pengajian Keluarga Indo-Aberdeen juga bersyukur dengan kerja sama Kibar, Daffodil, Ihsan dan KBRI London sehingga kami up dated dengan kedatangan ustadz ustadz Indonesia, seperti Ust Muhtar Arifin, Ust Daud Rasyid, Ust Nanung dan Ust Salim Fillah.

Dengan keberagaman latar belakang pemahaman agama yang berbeda disetiap individu, kami hanya bisa berusaha semaksimal kemampuan kami untuk bisa memfasilitasi semua ini. Beberapa points yang kami ingin kembangkan kedepannya seperti:

  1. Mendatangkan English Speaker Ustadz/ ustadzah untuk mengakomodir para muallaf
  2. Menjadikan Majelis taklim ini adult / muallaf dan child friendly dengan mengadakan open forum Orang tua dan anak ( socially ). Please kami berniat untuk meminta bantuan dari Majelis Taklim lainnya di UK untuk membantu resources seperti nara sumber
  3. Charity work untuk membantu saudara saudara kita yang tidak seberuntung kita dan mengajarkan generasi penerus akan ketidakberuntungan makhluk Allah lainnya. Alangkah baiknya bila antar Majelis taklim bisa bersamaan mengkoordinir hal-hal seperti ini.
  4. Pemahaman Al Quran yang berbeda beda setiap individu, maka dari itu kami berharap untuk bisa mengundang ustadz / ustadzah dengan pemahaman Tajwid untuk hadir ke pengajian kami baik secara fisik atau secara Skype. Kami mohon kerjasamanya dari Majelis Taklim di UK untuk membantu mencari narasumber.

Kedepannya kami berharap penerus Pengajian As Sakinah ini terus mengembangkan wadah Islami untuk masyarakat Indo Aberdeen ini.

Dan dengan segala kerendahan hati kami berharap untuk bisa menyambung tali silaturahmi dengan para Mujahid mujahiddah di Majelis Taklim se UK, InsyaAllah.

 

Profil ditulis oleh ketua pengajian As Sakinah 2012: Irose Hansen

Posted in lokaliti, Profil Lokaliti.

Leave a Reply