Pesantren Kilat Anak-anak Al-Imanu

Cerita Pak Reinner

Para peserta ketika mendengarkan nasehat islami dari Bp. Reiner Ishaq Lerrick

Awal pekan lalu, Pengajian Al-Imanu di Newcastle upon Tyne menggelar acara pesantren kilat bagi anak-anak. Rangkaian kegiatan pesantren kilat tersebut dimulai pada Senin siang (8/8) dan berlangsung hingga siang hari berikutnya.

Menurut penuturan koordinator pengajian anak-anak Al-Imanu yang dikenal dengan sebutan Al-Imanu Kids, Ibu Indah Puji Mulyani, kegiatan pesantren kilat ini dimaksudkan untuk memberikan alternatif kegiatan islami bagi anak-anak dalam mengisi masa liburan sekolah yang kali ini jatuh bertepatan dengan bulan Ramadhan. Melalui kegiatan pesantren kilat ini diharapkan tumbuh rasa kemandirian dan kebersamaan diantara peserta.

Peserta menikmati buka bersama

Gagasan ini mendapat sambutan yang sangat positif baik dari orang tua maupun anak-anak warga Al-Imanu. Tak kurang dari 12 anak yang berusia antara 3 hingga 11 tahun mengikuti jalannya acara yang berlangsung di salah satu rumah warga secara penuh dari awal hingga akhir. Disamping peserta penuh, ada juga beberapa anak yang mengikuti sebagian acara. Seluruh kebutuhan konsumsi dalam kegiatan ini disediakan sepenuhnya secara bergotong-royong oleh ibu-ibu warga Al-Imanu. Beberapa remaja putri pengajian Al-Imanu juga turut aktif membantu jalannya acara.

Jenis kegiatan dalam pesantren kilat ini cukup beragam. Disamping mendapatkan beberapa materi tentang pengetahuan keislaman, aktifitas buka dan sahur bersama serta sholat berjamaah, peserta juga menikmati beragam permainan baik indoor maupun outdoor yang telah dipersiapkan oleh panitia. Pada hari kedua, peserta juga mendapat kesempatan untuk nonton bareng pemutaran filem islami serta aktifitas memasak bersama.

Kendati acara berlangsung cukup padat dan sedikit meletihkan, para peserta sangat menikmati rangkaian acara pesantren kilat tersebut. Perasaan puas juga disampaikan oleh para orang tua peserta.

Sambil melawan rasa kantuk peserta tetap antusias melakukan sahur bersama

Peserta antusias mengikuti materi pesantren kilat

Cooking time

Mengisi waktu puasa dengan bermain bersama

 

 

 

 

Posted in Berita, lokaliti, Ramadhan and tagged , , , .

Leave a Reply