Pelatihan Ekonomi Syariah oleh MES

Ekonomi dan perbankan syariah merupakan fenomena keuangan yang fenomenal sejak 3 dasawarsa terakhir. Terakhir, ketika krisis keuangan global melanda dunia (2008-2009), para pengusung ekonomi kapitalis mulai terbuka untuk mencari alternatif solusi dari permasalahan ekonomi yang tidak pernah berakhir. Bahkan, vatican dalam salah satu headline-nya di surat kabar menyerukan kepada seluruh pelaku keuangan dunia untuk melihat penerapan ekonomi dan keuangan Islam sebagai solusi dari masalah ekonomi dan keuangan saat ini.
Perkembangan perbankan syariah sebagai salah satu bentuk perwujudan ekonomi Islam semakin hari semakin meluas. Di mulai dari didirikannya Mit ghamr bank th 1963 oleh Dr. Ahmad Najr yang merupakan cikal bakal bank syariah modern, dilanjutkan oleh pendirian IDB, Dubai Islamic Bank, Tabung Haji (malaysia), Bank Muamalat Indonesia hingga saat ini bank syariah didirikan pula di banyak negara2 non muslim seperti Inggris, Hong kong, Singapore, Thailand, China, Jepang, dll.
Ilmu pengetahuan ekonomi dan perbankan syariah saat ini merupakan ilmu yang langka dan mahal karena yang menguasai ilmu ini masih langka sementara permintaan pasar terhadap para ahli dan SDM bank syariah in general terbilang sangat besar. Di Indonesia saja tidak kurang dibutuhkan 60.000 tenaga kerja berlatar belakang syariah untuk mengisi posisi SDM di bank2 syariah yang semakin banyak jumlahnya. Sementara kemampuan univ hanya dapat mencetak 1000 lulusan syariah per tahun.
Di UK sendiri, training dan bahkan program master/PhD islamic banking semakin menjamur karena demand SDM syariah dari bank2 syariah di inggris sangat tinggi.
Untuk mendukung dan semakin memperluas ilmu ekonomi dan perbankan syariah kepada umat Islam dan warga indonesia di UK pada khususnya, pengurus MES-UK insya Allah akan mengadakan training /pelatihan ekonomi syariah pada:

Hari: Sabtu 4 Desember 2010
Tempat: Ustinov College, Durham Univ
Pembicara: Dr. Ugi Suharto dan Prof. Habib Ahmed.

Untuk keterangan lebih lanjut dan pendaftaran bisa diunduh file berikut:
Kegiatan dan profil pembicara (pdf, 89kb)
Form pendaftaran peserta (Doc, 41kb)

Posted in Kegiatan.